Apa itu Manajemen Properti

Sebelum kita beranjak lebih jauh untuk menelusuri website Manajemen Properti. Alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu artinya. Manajemen Properti adalah kegiatan untuk mengelola sebuah properti. Agar memiliki nilai yang lebih tinggi. Mulai dari masih berupa tanah hingga menjadi sebuah bangunan. Termasuk di dalamnya pengelolaan lahan kosong, pembangunan, penjualan, hingga perawatan. Bangunan rumah, gedung, kolam, apartemen, dll. Semua proses bisa terkelola dengan baik menggunakan aplikasi manajemen properti.

Pada umumnya nilai sebuah properti cenderung mengalami kenaikan. Karena lahan yang semakin terbatas. Sedangkan penduduk semakin bertambah. Ditambah lagi para perantau yang minimal memiliki 2 tempat tinggal. Namun tidak demikian apabila properti tidak dikelola dengan baik. Banyak bangunan menjadi rusak karena berbagai faktor. Hal ini mendukung berkembangnya perusahaan manajemen properti di Indonesia. Cost yang dikeluarkan untuk manajemen jauh lebih murah dibanding meningkatnya harga properti.

Terlebih dengan hadirnya aplikasi untuk persewaan properti. Menjadikan investasi lebih menguntungkan. Membeli rumah atau apartemen dengan budget minimal. Hanya membayar DP sudah bisa memiliki hunian yang diinginkan. Dan menutup anggaran untuk kredit lewat penyewaan. Untuk itu perlu melihat secara jeli. Posisi strategis lokasi yang akan dibeli. Dekat dengan bandara, pusat kota, tempat wisata. Atau jika anda ingin menjadikan tempat kos, maka lokasi yang cocok adalah dekat dengan pusat industri, dan perguruan tinggi.

Berikut ini pengertian Manajemen Properti menurut para ahli:

Scarret

Manajemen properti berfungsi untuk mewujudkan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang yang dikehendaki oleh pemilik. Untuk itu keberadaan properti manajemen ini untuk memastikan apakah kebijakan-kebijakan ( policy making) yang dibuat sudah sesuai dan sudah dilaksanakan sehingga keberadaan dan kelangsungan dari properti tetap bisa dipertahankan.

Michael Thorncorf

Property Management merupakan Ketentuan dan pengawasan mengenai suatu properti dengan tujuan memperoleh keuntungan secara optimal tidak selalu didasarkan semata-mata pada nilai uang, tetapi mencangkup juga persyaratan kepentingan masyarakat, status, kewibawaan, peta politik, dengan berbagai ragam kepentingan atau hasrat keinginan suatu golongan

Kyle and Bairad

manajemen properti adalah mengatur, memelihara operasi dan melaksanakan tujuan dari real properti seperti tanah, bangunan residensial ataupun bangunan perkantoran dari pemilik properti (Kyle and Baird,1995); sedangkan manajer properti adalah seseorang yang melaksanakan tugas dari pemilik properti untuk mempertahankan bahkan jika mungkin meningkatkan nilai dari properti (Kyle and Baird,1995).

Prof. Eiji Ogawa

Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.

Ricky W. Griffin

Manajemen Properti sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

1 thought on “Apa itu Manajemen Properti”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *